Maluku Jadi Inspirasi Pendidikan dari Timur



Ambon(Amboina News)-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Anies Baswedan membuka kegiatan Festival Maluku dibawah soroti tema “Pendidikan Sebagai Gerakan Untuk Mewujudkan Maluku Yang Cerdas” yang berlangsung di gedung Taman Budaya Puncak Karang Panjang, jumat (29/1).

Menteri mengatakan, Festival Pendidikan di Maluku Kota Ambon menjadi renungan bangsa untuk tetap semangat memperhatikan pendidikan dari belahan timur Indonesia. Nah untuk itu, kata menteri pendidikan yang bermutu dan berkualitas selalu diaimbangi dengan kesejahteraan guru dihalukan. 

“Saya ingin menengok pendidikan dikawasan terpencil, sebab pusat pendidikan jika dikatakan maju ketika bersenirgis dari belahahan daerah yang memiliki jangkauan sulit ditempu, untuk itu bergugus pulau di Maluku segera aku tempu untuk bangkitkan pendidikan dari timur Indonesia,”kata Baswedan.
Menurut Anies sejauh apapun  kita menuju tempat yang sulit namun sejauhnya ia masih tetap Indonesia. Oleh sebab itu dikatakan akses pendidikan di tahun ini masih berada dalam bingkai wajib belajar sampai tahun 2030. Sebab katanya pihaknya sudah berkomitmen akan mensukseskan pendidikan belajar 9 tahun. 

“Saya berharap Maluku bisa mensukseskan kerangkan belajar 9 tahun sehingga pendidikan Maluku menjadi cerdas,”ajak mantan rektor Paramadina ini.

Mantan Rektor Paramadian ini, mengatakan,  pendidikan dipandang sebagai sebuah gerekan terobosan jika tata kelola disbanding adanya keterlibatan publik. Oleh karena itu, sebesar apaupan masalah tidak hanya dilakukan oleh pemerintah maupun dinas tetapi memiliki peranan semua pihak untuk berkompotisi membangun pendidikan dari belahan timur indonesia. (jj)

Tidak ada komentar: