KSOP Ambon Mendukung Penuh Pelabuhan Yos Soedarso Jadi Pelabuhan Wisata



Ambon (Amboina News) - Pelabuhan Yos Soedarso Ambon akan menjadi pelabuhan Wisata, untuk itu Pemerintah Provinsi harus benar-benar siap hal ini di sampaikan  Kepala Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan Ambon Haikal Dahlan Marasabessy kepada wartawan usai pelaksanaan Simulasi Mersi  CoV  di pelabuhan Yos Soedarso Ambon Kamis (25/2).  

Menurutnya dalam ketentuan  peraturan perundangan Pelabuhan Ambon masuk dalam Resim pelabuhan yang telah diusahakan  secara komersial.

Untuk saat ini beban kegiatan Angkutan barang sudah sangat berat, sementara pengembangannya terbatas kepada areal , sehingga ada wacana untuk memindahkan pelabuhan kargo keluar dari pelabuhan Yos Soedarso Ambon.

Dengan demikian Pelabuhan Yos Soedarso berpotensi untuk menjadi pelabuhan khusus pelabuhan penumpang  saja sama seperti pelabuhan di Singapura.

Dirinya berharap pelabuhan di Ambon bisa digarap seperti pelabuhan di Singapura, menurutnya untuk saat ini ada  8 kapal PELNI yang menggunakan pelabuhan Yos Soedarso, 10 kapal Perintis, dan itu merupakan cikal bakal pelabuhan Yos Soedarso menjadi pelabuhan wisata.

Untuk itu menurutnya hanya menunggu komitmen yang kuat dari  pemerintah daerah untuk terlibat dalam pengembangan Pelabuhan Ambon kedepan menjadi pelabuhan wisata seperti harapan Mentri BUMN belum lama ini.

Ia menambahkan untuk saat ini sarana prasarana pelabuhan Yos Soedarso tidak menjadi masalah, karena dermaga saat ini panjangnya 700 meter, walaupun fasilitas-fasilitas terminal perlu ditambah saat konsentrasi Kargo dipindahkan sehingga area di pelabuhan bisa dikembangkan menjadi pelabuhan wisata.

Sementara wacana pemindahan pelabuhan Kargo akan dipindahkan menurut Marasabessy saat ini sementara dilakukan penelitian oleh PT Pelindo apakah pelabuhan Kargo akan ditempatkan di Tulehu, atau di Batu Gong.dirinya mengharapkan adanya Sinkronisasi kebijakan antara pemerintah daerah dengan Pemerintah pusat .(jj)    

Tidak ada komentar: